Keajaiban Mata

Mata merupakan organ yang mendeteksi cahaya, meneruskan sinyal tersebut ke retina, dan membuat efek visual yang dikirim ke otak.

Fakta-fakta tentang Mata

1. Ketebalan mata sekitar 2,3 sentimeter

2. Lensa mata (pupil) yang berfungsi untuk mengarahkan cahaya ke retina berukuran lebih tipis dari selembar amplop surat.

3. Air mata merupakan pelindung mata dan berfungsi layaknya antibiotik. Air mata diproduksi secara terus-menerus oleh kelenjar lakrimalis. Kelenjar ini senantiasa memproduksi air mata (tear film) yang akan membasahi permukaan mata dan mencuci mata dari debu-debu dan partikel kotoran yang senantiasa masuk. Cairan ini sangat istimewa fungsinya. Selain membunuh kuman-kuman yang masuk, cairan ini juga mengatur tekanan dalam bola mata dan memberikan nutrisi kepada bagian mata terluar yaitu Kornea. Selain itu terdapat kandungan lemak yang bertugas untuk mengurangi penguapan air mata.

4. Retina adalah syaraf mata yang akan meneruskan rangsangan penglihatan ke otak. Retina terdiri sel rod dan sel cone. Terdapat 120 juta rod untuk melihat pada malam hari, dan 80 juta cone untuk melihat pada siang hari.

5. Orang mengedipkan mata mereka ribuan kali sehari. Gerakan-gerakan ini kebanyakan tidak disengaja memungkinkan mata untuk melindungi diri dari cahaya yang kuat dan partikel eksternal.

6. Otot di sekitar mata adalah yang paling aktif di dalam tubuh, yang memungkinkan beberapa gerakan seratus ribu sehari. Bahkan otot-otot tersebut tetap bekerja saat kita tidur.

7. Cahaya bisa dilihat disebabkan oleh aktivitas elektrik pada mata.

8. Pengobatan katarak pada mata menjadi berkah setelah Perang Dunia II. Sir Harold Ridley, seorang ahli bedah Kota London, menemukan semacam material yang masuk ke dalam pasiennya, seorang pilot. Benda itu kemudian menjadi bahan utama untuk melakukan operasi katarak.

9. Sekitar setengah aktivitas otak digunakan untuk memroses penglihatan, karena manusia termasuk makhluk yang melihat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar